Inilah Web Hosting Yang Perlu Diketahui Dalam Tutorial Membuat Website Paling Mudah

Tutorial Membuat Website Paling Mudah
Tutorial Membuat Website Paling Mudah

Pernahkah kamu tertarik untuk membuat web secara mandiri? Tetapi perlu kamu ketahui bahwa untuk bisa membuat web secara mandiri ini bukanlah sesuatu yang mudah atau simple, ada berbagai istilah yang harus kamu ketahui di antaranya yaitu web hosting dalam tutorial membuat website paling mudah.

Web hosting ini merupakan sebuah tempat penyimpanan secara online yang akan digunakan untuk menyimpan seluruh data yang ada di dalam situs atau website yang akan kamu buat. Ada 3 jenis web hosting yang wajib banget diketahui. Untuk penjelasannya, simak sampai akhir ya!

 Tutorial Membuat Website Paling Mudah
Tutorial Membuat Website Paling Mudah

Web Hosting Dalam Tutorial Membuat Website Paling Mudah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada 3 jenis web hosting yang harus dipahami oleh kamu di antaranya yaitu shared hosting, cloud hosting, dan VPS hosting. Ketiga jenis web hosting ini pastinya memiliki fungsi dan kelebihannya masing – masing.

READ  Jelaskan Pengertian Bisnis Online dan Kelebihan Bagi Pelaku Bisnis!

Shared Hosting Sebagai Jenis Web Hosting Dalam Tutorial Membuat Website Paling Mudah

Jenis web hosting yang akan pertama kali kita bahas adalah shared hosting. Jenis yang satu ini bisa kamu pilih dalam tutorial membuat website paling mudah jika kamu memang benar – benar ingin membuat website yang masih sederhana. Hal ini dikarenakan layanan dari jenis web hosting ini memiliki tipe yang tidak banyak menaungi server sehingga skala cakupannya masih cukup kecil hingga medium. Baca juga tentang halima hijab wanita terbaik yang bagus.

Adapun berbagai kelebihan dari shared hosting ini di antaranya yaitu domain gratis, instalasinya mudah, control panel-nya sederhana, adanya cache manager, bisa di-backup mingguan. Untuk cara kerja shared hosting ini bisa kita umpamakan seperti suatu transportasi umum seperti kereta atau bus. Artinya, di dalam beberapa website yang menggunakan resource ini terdapat dari satu server fisik. Seperti halnya penumpang yang ada di dalam bus atau kereta tersebut. S

READ  WiFi 7 Kecepatan Hingga 5.8 Gbps: Janji WiFi Alliance di Awal Tahun 2024

Cloud Hosting

Selanjutnya, jenis web dalam tutorial membuat website paling mudah ini terdapat cloud hosting. Berbeda dengan shared hosting tadi, skala dari cloud hosting ini terbilang jauh lebih besar. Maka dari itu, bisa banget digunakan untuk website toko online yang memiliki skala cukup besar atau bahkan suatu proyek besar dimana banyak orang yang akan kerap kali mengunjungi situs tersebut untuk mengakses berbagai informasi.

Adapun keunggulan yang bisa didapatkan ketika kamu memilih jenis web hosting ini adalah gratis sertifikat SSL seumur hidup, resource-nya terpisah, ada integrasi CloudFlare, dan alamat IP-nya ini khusus. Jadi, hanya ada 1 IP saja yang dikhususkan untuk website kamu sendiri. Apabila dilihat dari segi cara kerjanya ini cloud hosting bisa menyimpan salinan website dalam beberapa server yang akan saling bekerja sama satu dengan yang lainnya.

READ  Komponen Bisnis Online Yang Sesuai Untuk Para Pebisnis

VPS Hosting

Jenis ketiga web hosting yang wajib banget diketahui dalam tutorial membuat website paling mudah ini di antaranya yatu VPS hosting. VPS ini merupakan singkatan dari Virtual Private Server. Untuk jenis yang satu ini, kamu bisa membuat website dengan skala yang sebesar – besarnya dimana nantinya akan dioptimasi secara penuh. Tetapi, jika kamu akan memilih jenis web hosting ini, kamu harus memiliki skill manajemen server dan mengetahui bagaimana cara untuk mengoperasikan terminalnya.

Berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dari VPS hosting adalah kamu bisa bebas menggunakan environtment, server snapshot, resource-nya terpisah, dan IP-nya sudah benar – benar menjadi milik website tersebut tanpa khawatir digunakan oleh user yang lain.

Jadi, kira – kira ketika melakukan tutorial membuat website paling mudah ini, jenis web hosting yang mana nih yang cocok?